Categories
Uncategorized

Berikut Berbagai Manfaat Durian untuk Kesehatan

Bagi kebanyakan orang Indonesia, durian adalah buah surgawi yang menawarkan kenikmatan luar biasa. Maka tak heran jika buah yang populer di Asia Tenggara ini juga dikenal dengan sebutan “Raja Buah”. Namun buah ini memiliki aroma yang kuat karena kandungan 44 zat aktif aromatik.

Aromanya terlalu menyengat sehingga sebagian orang menghindari buah ini. Buah berduri ini juga dilarang oleh hotel dan maskapai penerbangan karena aromanya.

Berikut Berbagai Manfaat Durian untuk Kesehatan

Kabar baiknya, durian juga memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan.
Diet Durian Durian merupakan buah yang bergizi dan tinggi serat, vitamin B, dan vitamin C.

Buah berkulit berduri ini juga kaya akan senyawa antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Satu cangkir atau sekitar 234 gram durian biasanya mengandung nutrisi berikut: Kalori: 357 Lemak: 13 gram Karbohidrat: 66 gram Serat: 9 gram Protein: 4 gram Vitamin C: 80% dari nilai harian Tiamin: 61% dari nilai harian Mangan: 39% dari nilai harian vitamin B6: 38% dari nilai harian kalium:

30 persen dari nilai harian riboflavin: 29 persen dari nilai harian tembaga: 25 persen dari nilai harian asam folat: 22 persen dari nilai harian magnesium: 18 persen dari nilai harian dari Niacin: 13 persen dari nilai harian.

Selain buah, kulit, dan kayunya, bagian lain dari pohon durian ternyata juga memiliki khasiat. Hampir seluruh bagian pohon durian memiliki khasiat termasuk daunnya.


Daun durian datang dalam berbagai bentuk dan ujung oval. Pada umumnya panjang ujung daun durian kurang dari dua cm, sedangkan pangkal daun durian ada dua yaitu tumpul dan membulat.
Selama ini masyarakat lebih banyak mengetahui manfaat buah durian bagi kesehatan dibandingkan daunnya. Belakangan ini banyak orang yang menjual daun durian secara online.


Khasiat Di Malaysia daun, kulit batang, akar dan buah durian telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit seperti demam tinggi, sakit kuning dan penyakit kulit.

Menurunkan berat badan
Kandungan klorofil dan serat pada daun durian dapat membantu menurunkan berat badan. Daun durian bisa dibuat menjadi semacam tumis dan dicampur dengan bahan lain untuk membantu menurunkan berat badan.


Meningkatkan Imunitas
Daun durian dapat dikonsumsi secara rutin untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tubuh menjadi kurang rentan terhadap penyakit karena nutrisi yang tepat dapat memperkuat kekebalan.


Mengobati infeksi
Daun durian dapat digunakan sebagai herbal untuk mengobati infeksi. Caranya dengan meneteskan air rebusan daun salam pada luka di tubuh. Anda juga bisa menumbuk daun salam hingga lembut lalu menempelkannya pada luka luar dengan membalutnya dengan perban.


Pengobatan Cantengan
Ganja, yang biasanya muncul di kuku, merupakan infeksi yang cukup menyiksa hingga membuatnya tidak nyaman. Cantengan bisa diolah dengan daun durian.


pencernaan
Daun durian bisa dijadikan sayur dengan campuran bahan lain sehingga bagus untuk pencernaan. Serat yang terkandung dalam daun durian dapat mengikat lemak, mencegah diare dan sembelit, serta mempercepat penyerapan protein dalam tubuh.

  1. Mengurangi risiko kanker Antioksidan dalam durian dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Penelitian yang mengamati ekstrak durian juga menunjukkan bahwa buah yang pedas ini dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.
  2. . Pencegahan Penyakit Jantung Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. 3. Melawan Infeksi Kulit durian mengandung senyawa dengan sifat antibakteri dan anti jamur yang memicu terjadinya infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *