Categories
Uncategorized

Cara Menulis Siaran Berita

Ikuti proses ini selangkah demi selangkah untuk menulis dan memaparkan berita Anda.

Format

Sebut saja ‘Siaran Berita’, ‘Buletin Berita’ atau ‘Pengumuman’. ‘Siaran Pers’ terdengar seperti propaganda.

Tambahkan, ‘Untuk penggunaan langsung’. Ini menyiratkan urgensi. Ini juga memungkinkan mereka beberapa pilihan kapan harus menjalankannya. Jika berita adalah status sensitif tanggal ‘untuk digunakan sebelum’ atau ‘untuk digunakan setelah’.

Faks atau surat? Jika mendesak – faks. Tetapi untuk diketahui mengirimkannya. Mereka mendapatkan banyak email sampah dan faks sampah. Sampah faks terlihat terlalu mirip. Jika Anda mengirimkannya, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perhatian dengan warna dan nuansa kertas. Kirimkan pada kertas berkualitas baik dengan logo Anda. Itu bisa menjadi kop surat Anda.

Jangan mengatasinya ke ‘ruang berita’ atau ‘editor’. Itu sama dengan ‘penghuni’. Alih-alih mengatasinya kepada seseorang. Dapatkan nama mereka.

Buatlah mudah dibaca. Maksimal satu halaman. Gunakan font yang mudah dibaca. Dua belas poin ukuran Times Roman bekerja dengan baik. Tambahkan sedikit bumbu dengan menggunakan nama kunci – tetapi taburkan sedikit. Miring menarik perhatian tetapi sulit dibaca. Gunakan huruf kapital dan huruf kecil – jangan cetak semuanya dengan huruf kapital. Itu sangat sulit dibaca. Buat paragraf dan kalimat singkat. Spasi ganda adalah yang terbaik.

Jelaskan dengan jelas siapa rilis ini. Pimpin dengan kota dan tanggal rilis. Ini memberi perspektif. Di bagian bawah halaman, ‘The end’ atau ‘- 30-‘ Perlihatkan nama kontak dan nomor telepon dengan jelas di bagian bawah atau atas halaman.

Pastikan kontak tersebut menerima salinan rilis dan bahwa mereka akan tersedia dan siap untuk berbicara dengan pers ketika dipanggil. Terkesan pada kontak-kontak itu bahwa pers membutuhkan tanggapan cepat untuk membuat tenggat waktu mereka.

Kandungan

Mulailah dengan judul yang kuat. Subtitle tidak diperlukan jika judulnya kuat. Pelajari judul-judul surat kabar untuk gagasan. Periksa gaya media target yang Anda coba jangkau untuk mendapatkan ide.

Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mengaitkannya dengan judul. Jika tidak, mereka tidak akan membaca lebih lanjut. Sekilas tentang informasi utama adalah bagaimana mereka melihat pratinjau rilis. Harus ada kata-kata, tema, perusahaan, kepribadian atau masalah dalam judul yang memperlambat pandangan mereka cukup untuk mengundang mereka membaca paragraf pertama.

Kalimat pertama harus diambil mereka. Ulang kalimat pertama itu sampai beberapa kata pertama atau bahkan kata pertama yang menarik pembaca.

Paragraf pertama itu penting. Seharusnya berisi pesan Anda yang paling penting. Jika mereka membaca sejauh itu – itulah yang menarik mereka ke dalam cerita. Tulis paragraf pertama itu seolah-olah itu satu-satunya paragraf yang mereka cetak.

Ikuti dengan poin-poin berikutnya dalam urutan menurunnya kepentingan. Asumsikan bahwa mereka mungkin memotongnya setelah paragraf apa pun. Tulislah setiap paragraf dengan menerapkan pendekatan yang sama pada kalimat Anda. Jika mereka hanya mencetak satu kalimat, buatlah itu menjadi kalimat pertama.

Rilis berita baik tidak ditulis, ditulis ulang dan ditulis ulang.

Buatlah mudah dibaca. Maksimal satu halaman. Gunakan font yang mudah dibaca. Dua belas poin bekerja dengan baik. Tambahkan sedikit bumbu dengan menggunakan nama kunci – tetapi taburkan sedikit. Miring menarik perhatian tetapi sulit dibaca. Gunakan huruf kapital dan huruf kecil – jangan cetak semuanya dengan huruf kapital. Itu sangat sulit dibaca. Gunakan banyak paragraf pendek dan kalimat pendek. Spasi ganda adalah ide yang sangat bagus.

Bukti baca sebelum Anda mengirimkannya. Jurnalis sangat sensitif terhadap tata bahasa dan kesalahan ketik yang buruk. Sakit membaca sampah – jadi mereka tidak mau.

Media akan membaca rilis Anda sambil berpikir, ‘Apakah ini akan menarik minat pembaca, pendengar, atau pemirsa saya dan apakah ini unik?’ Tidak harus ‘sangat’ unik – hanya sedikit. Setiap Januari kami mendapat berita tentang bayi Tahun Berita pertama. Karena yang pertama unik pada saat itu, yang kedua bukan berita.

Hubungkan berita dengan pembaca. Mengapa penting bagi pembaca, pendengar, atau pemirsa media? Ujilah signifikansi dengan bertanya, “Jadi apa?”

Jawab pertanyaan kunci wartawan: siapa, apa, mengapa, di mana, kapan dan bagaimana. Anda bahkan dapat menggunakan pertanyaan ini sebagai sub judul – atau sebagai ringkasan. Gunakan pertanyaan-pertanyaan ini sebagai tes kualitas sebelum Anda mengirimkannya.

Kutipan bagus dan lebih menarik. Anda dapat menggunakan kutipan dari pejabat perusahaan, tokoh masyarakat atau pelanggan. Saat Anda menggunakan nama, selalu nyatakan siapa mereka, mis. Manajer Penjualan Nasional, Presiden dan Pendiri, penulis … Gunakan kutipan yang membangkitkan emosi, menciptakan kontroversi atau menyajikan posisi.

Jangan terlalu banyak memperkenalkan nama baru. Ini membingungkan pembaca. Bicara tentang satu atau dua.

Tulis nama secara penuh saat pertama kali Anda menggunakannya. Setelah itu Anda hanya bisa menggunakan nama belakang. Jika Anda ingin nama diingat, gunakan beberapa kali dalam rilis.

Setelah Rilis

Reporter dapat meminta informasi lebih lanjut atau untuk mengatur foto. Tersedia. Jika Anda di luar kantor, periksa pesan suara Anda sesering mungkin. Pers memiliki tenggat waktu yang ketat.

Jangan berharap untuk meninjau artikel reporter sebelum publikasi. Kadang-kadang mereka akan menjalankan artikel persis seperti yang Anda tulis – tetapi tidak sering. Setelah Anda memberi mereka informasi yang mereka kontrol. Ini membantu jika Anda telah membaca artikel lain dari reporter dan mengetahui tombol miring dan panas mereka.

Jika mereka menggunakan rilis berita Anda, kirimkan pesan ucapan terima kasih.

Simpan dan arsipkan semua rilis berita Anda secara berurutan – bahkan yang tidak mendapat tindakan. Klip dan simpan artikel yang berjalan dengan rilis. Pelajarilah mereka untuk menemukan apa yang berhasil dengan siapa dan kapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *