Categories
Uncategorized

Jalan Jalan ke labuan bajo

Siapa sih yang tidak ketahui Labuan Bajo? Surga wisata dengan jutaan pesona alam di dalamnya telah lumayan lama diketahui bagaikan destinasi kelas dunia yang mempesona.

Tidak hanya tepi laut yang menawan serta deretan pulau tropis menawan, Labuan Bajo pula siap membuat kalian terpanah dengan danau yang menawan sampai air terjun yang sejuk. Tidak heran, jika Labuan Bajo dinobatkan bagaikan destinasi wisata luar biasa prioritas dari Departemen Pariwisata serta Ekonomi Kreatif tahun depan.

Labuan Bajo merupakan pelabuhan kecil yang dijadikan tempat masuk bila kalian berkunjung ke Pulau Komodo. Posisinya di ujung barat Flores, daerah Nusa Tenggara Timur. Pastinya pemandangannya tidak kalah indah dengan Pulau Komodo.

Sebab, kala sunset, corak langit berganti jadi jingga. Matahari yang mulai tenggelam hendak menghasilkan siluet pulau- pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

Pasti aja, kalian tidak boleh melupakan scuba diving serta snorkeling bila telah menginjakan kaki di Labuan Bajo. Soalnya, di situ banyak biota laut natural yang sayang buat dilewatkan, semacam aneka terumbu karang, hiu, tuna, ikan pari manta, napoleon wrasse, belut, ikan pari tutul biru, gurita, ular laut, nudibranch, kepiting orangutan, serta lain- lain.

Tanpa menyelam aja, panorama alam dasar laut telah gampang dilihat soalnya airnya masih sangat jernih. Kala menyelam, kalian bakal miliki pesona biota alam dasar laut yang luar biasa.

Snorkeling pula dapat kalian jalani di Pulau Kanawa yang masih dalam kawasan Labuan Bajo. Sebab, Pulau Kanawa ialah habitat buat terumbu karang bermacam- macam corak serta ikan- ikan kecil. Tidak hanya itu, Pulau Kanawa pula mempunyai pasir putih menawan serta air laut jernih bergradasi biru, pula hijau toska.

Nah, buat kalian yang penasaran dengan Komodo serta memandang mereka lebih dekat, kalian dapat mendatangi Halaman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Laboan Bajo, Flores. Halaman Nasional Loh Liang menyuguhkan panorama alam savana yang sangat indah.

Kala hingga di situ, kalian hendak dipimpin oleh ranger buat menyusuri savana yang disinggahi komodo. Kalian bakal gampang memandang komodo dengan jarak lumayan dekat, ialah 2– 3 m.

Bila telah puas, kalian dapat main ke Goa Rangko. Terletak di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Goa Rangko lumayan beken di golongan wisatawan. Semenjak mencuat di Instagram, banyak wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara berbondong- bodong main ke Goa Rangko demi menikmati keindahannya.

Goa Rangko menawarkan pesona goa laut dengan mata air yang sangat jernih. Saking bersihnya, air di dalam Goa Rangko bercorak biru cerah, mempermudah kita buat memandang dari jauh kehidupan dasar air tanpa wajib berendam!

Nah, kalian dapat akhiri petualangan wisata alam kalian di Labuan Bajo dengan main ke Pulau Padar. Dengan berlayar sepanjang 2- 3 jam dari Labuan Bajo, kalian dapat menikmati keelokan alam dari puncak Pulau Padar yang diketahui hendak teluk kembarnya.

KEUNIKAN DESA TODO

Nah, tidak hanya wisata alam, Labuan Bajo pula siap memanjakan kalian dengan bermacam- macam wisata adat serta kebudayaan yang sarat sejarah. Salah satunya merupakan Desa Todo yang terletak di Manggarai Barat. Kamu bisa naik bus pariwisata dari bandar menuju tempai ini.

Terletak di kaki Gunung Anak Ranaka, Desa Todo merupakan pusat Pemerintahan Kerajaan Manggarai. Manggarai sendiri ialah kerajaan terbanyak yang memahami Pulau Flores saat sebelum kesimpulannya wajib pindah ke kota Ruteng sebab invasi Belanda.

Di situ, kalian dapat memandang keunikan dari Rumah Niang ataupun Mbaru Niang. Mempunyai wujud kerucut pada bagian atap, rumah adat khas Todo ini lumayan mencuri atensi dunia, dikala dinobatkan bagaikan salah satu kandidat peraih Penghargaan Aga Khan buat Arsitektur tahun 2013 dari UNESCO.

Dengan 5 tingkatan yang ditompa kayu worok serta bambu, Rumah Niang menaruh suatu gendang kulit manusia yang lumayan sakral di dalamnya. Gendang inilah yang sanggup menggambarkan asal usul Kerajaan Manggarai di Desa Todo.

Buat mempromosikan Labuan Bajo lebih jauh lagi, Departemen Pariwisata serta Pemerintah Wilayah membangun banyak sekali infrastruktur pendukung yang bakal buat turis kian aman. Mulai dari pembangunan jalur raya, hotel- hotel sampai spot hangout buat bersantai para turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *