Categories
Uncategorized

Mendalami Keunikan Adat dan Budaya Jawa

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan suku dan budaya.  Salah satu diantaranya adalah suku Jawa. Suku yang mendominasi dan tinggal di pulau Jawa ini merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Selain di pulau Jawa, suku Jawa juga tinggal dan tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Suku Jawa merupakan suku yang cukup unik dengan adat dan budayanya yang menarik. Banyak hal dalam adat istiadat suku Jawa yang menarik untuk didalami.

budaya jawa

5 Keunikan yang Hanya Dimiliki oleh Suku Jawa

Setiap suku di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasannya tersendiri. Tidak hanya suku Jawa, bahkan suku sunda, batak, minang dan lain sebagainya terkenal akan keunikan adat istiadatnya. Namun, suku Jawa memang sedikit berbeda dengan suku lainnya. Suku yang satu ini dikenal kalem, lemah lembut dengan tutur bahasa yang santun.

Berikut ini adalah 5 keunikan suku Jawa yang tidak akan ditemui di suku-suku Indonesia lainnya. Diantaranya adalah :

  • Lemah Lembut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suku Jawa memang terkenal dengan sifat lemah lembutnya. Orang-orang suku jawa dikenal kalem dan suka mengalah. Terlebih lagi jika Anda menemui suku Jawa di daerah Jawa Tengah khususnya Solo. Mereka begitu menjunjung tinggi norma, sopan santun dan menghormati orang-orang yang lebih tua atau tinggi.

  • Pandai Beradaptasi

Suku Jawa merupakan orang yang sangat pintar dalam hal beradaptasi atau berbaur dengan suku lain. Di sebuah lingkungan baru, orang suku Jawa akan memulai percakapan untuk mengakrabkan diri. Siapa pun yang ditemuinya akan disapa dan diajak untuk berbicara. Inilah yang menjadikan orang jawa sangat mudah diterima di manapun. Suku Jawa bahkan tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.

  • Pemalu

Orang Jawa merupakan orang yang pemalu dan sungkan. Mereka terbiasa dengan budaya sungkan yaitu enggan untuk melakukan sesuatu terlebih dahulu sebelum diminta. Terkadang, sifat pemalu dan sungkan ini memang dibutuhkan.

Namun, ada kalanya sifat pemalu dan sungkan menjadi boomerang bagi orang tersebut. Katakanlah dalam lingkungan kerja, terkadang suku Jawa sungkan untuk mengkritik seseorang yang salah karena khawatir akan menyakiti perasaan orang tersebut.

  • Medhok

Ada satu aksen yang dimiliki suku Jawa yang tidak bisa ditiru atau dimiliki oleh suku lain yaitu aksen medhok. Medhok adalah cara pelafalan terhadap huruf tertentu yang dirasa sangat mendalam. Contohnya adalah ketika menyebutkan huruf “D”. Huruf D yang diucapkan orang Jawa akan berbeda dengan suku lainnya.

Karakteristik ini bukan berasal dari turunan atau genetika. Karakter ini dibentuk dari pelafalan kosakata bahasa daerah Jawa yang didominasi oleh suku kata yang harus diucapkan dengan medhok. Hal ini menjadi sebuah budaya yang terbawa dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ketika orang tersebut menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga: https://zonacetakbandung.com/cetak-undangan/

  • Beragam Adat Budaya

Suku jawa juga dikenal dengan berbagai macam adat budaya yang sangat kompleks. Salah satunya adalah tradisi brokohan, sepasar, selapan, dan lain sebagainya. Dalam pernikahan adat Jawa, Anda juga akan mengenal prosesi siraman, widodaren, pingitan, unduh manten dan seterusnya. Keunikan adat istiadat suku Jawa ini sangat berbeda dengan suku lain. Keragaman upacara dan berbagai prosesi dalam suku ini menjadikannya daya tarik dan kelebihan tersendiri. Terlahir dalam suku apapun di Indonesia ini merupakan anugerah. Karena pada dasarnya, semua orang di bumi Nusantara ini memiliki hak dan kewajiban yang sama terlepas dari sukunya. Suku Jawa tidak berbeda dengan suku lainnya. Suku Jawa memiliki keunikan tersendiri, begitu pula dengan suku lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *