Categories
Uncategorized

Menengok Makam Nabi Musa di Jericho, Kota Tertua di Dunia

Sebagai salah satu manusia pilihan Allah, Nabi Musa merupakan orang yang banyak diberikan mukjizat. Mulai dari kesabaran, kekuatan, keteguhan hati hingga usia yang cukup panjang. Nabi Musa menjadi salah satu nabi tersabar yang pernah hadir dalam sejarah agama Islam selain Nabi Muhammad.

Keteguhannya di jalan Allah adalah bukti nyata bagaimana kerasnya perjuangan Nabi Musa. Banyak hal yang bisa dipelajari dari orang yang namanya sering disebut dalam Al Quran ini. Hingga beribu tahun setelah beliau meninggal, umat Islam akan selalu mengenang jasanya. Mengunjungi makam Nabi Musa di Jericho adalah salah satu bentuk rasa syukur kita.

Seputar Makam Nabi Musa

Makam Nabi Musa terletak sekitar 20 km dari Yerussalem dan 11 km dari kota Jericho. Makam ini ada dalam sebuah kompleks yang sangat besar dimana juga difungsikan sebagai masjid.

Tempat ini nampak berbeda dengan makam pada umumnya. Dilihat dari segi ukurannya, makam Nabi ini terbilang cukup besar. Panjangnya mencapai 3 meter sehingga Anda bisa mengira-ngira setinggi itulah ukuran Nabi Musa ketika hidup.

Makam beliau memiliki lebar sekitar 1,5 meter dan ditutup dengan kain bertuliskan lafadz kalimat tauhid. Ruangannya sangat besar dan harum. Tidak ada kesan mistis seperti area pemakaman di Indonesia. Makam ini telah berusia lebih dari ribuan tahun namun kondisinya terus terjaga dengan baik. Setiap sudutnya sangat terawat dan tidak nampak adanya kerusakan.

Makam ini memang tidak terlalu banyak atau sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun, tidak sedikit dari umat muslim di seluruh belahan dunia yang datang dan ingin menengok makam nabi yang berusia sekitar 120 tahun ini.

Kisah hidup Nabi Musa yang panjang selalu diingat dan dikenang oleh umat Islam, sebagaimana kita mengingat lika-liku perjuangannya. Dengan mengunjungi makam beliau, Anda akan merasa lebih dekat dan terasa ke hati.

Visit: https://www.hayatuntour.com

Wisata Religi di Sekitar Makam Nabi Musa

Selain mengunjungi Makam Nabi Musa, biasanya Anda juga akan disinggahkan ke beberapa tempat yang termasuk dalam jajawan wisata religi.

  • Jericho, Kota Tertua

Jericho berjarak sekitar 25 km dari Yerussalem. Kota ini bisa dikatakan sebagai kota tertua yang pernah ada di dunia. Usia kota Jericho sudah mencapai 10.000 tahun. Pada jaman dahulu, Jericho merupakan kota yang sangat strategis.

Kota ini menjadi rebutan berbagai penguasa. Saking seringnya dijadikan rebutan, tak pelak sering pula terjadi perang di kota ini. Kota yang semula berjaya, jadi hancur lebur dan porak poranda tanpa menyisakan bangunan utuh. Yang tersisa hanya puing-puing sisa tempat tinggal. Namun, kota Jericho tak pernah mati dan terus hidup sampai sekarang ini.

  • Tell es-Sultan

Tempat ini adalah sebuah situs kota tertua yang mungkin merupakan sisa-sisa terakhirnya. Berlokasi di 2 km dari Jericho, Tell es-Sultan diketahui telah dihuni sejak abad ke 10 sebelum Masehi. Anda mungkin penasaran, bagaimana kehidupan masyarakat di masa lampau bukan?

  • Mount of Temptation

Tempat ini adalah sebuah bukit yang dahulu dikenal sebagai tempat Iblis menggoda Nabi Isa AS. Tempat ini bisa dijangkau menggunakan Cable Car karena letaknya cukup tinggi. Berwisata ke Yerussalem dan Jericho memang akan mengingatkan kita pada banyak kisah Nabi di jaman dahulu. Salah satunya adalah makam Nabi Musa AS. Makam ini menjadi satu dari banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi ketika Anda datang ke Palestina. Kota ini memang merupakan saksi sejarah dalam perkembangan agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *