Categories
Uncategorized

Mengenal Analis Sistem Yang Profesional

Analis sistem adalah profesi bagi mereka yang berjuang di dunia perangkat lunak. Apa yang dimaksud dengan analis sistem? Dalam hal kamus besar Bahasa Indonesia, analis didefinisikan oleh orang yang melakukan analisis atau analis. Sistem ini adalah sistem perspektif, teori dan prinsip terstruktur. Atau, dapat didefinisikan sebagai metode. Oleh karena itu, disebut orang atau sekelompok orang yang melakukan serangkaian analisis, desain, dan prosedur peningkatan. Dalam sistem analitik, dapat disimpulkan.

Analis sistem adalah individu atau kelompok yang terlibat dalam pengembangan sistem kepemimpinan. Analis sistem mempelajari masalah dan kebutuhan sistem, dan analis sistem juga bertanggung jawab untuk menganalisis dan merancang sistem informasi. Secara umum, tugas utama seorang analis sistem adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, mengembangkan solusi yang efektif, dan memonitor waktu transmisi sistem (awal).

Ketrampilan

Analis sistem membutuhkan beberapa keterampilan sebagai solusi untuk masalah:

Analis sistem perlu mengetahui teknologi dan pemrograman. Oleh karena itu, analis sistem selalu menyadari perkembangan teknologi.

Analis sistem harus dapat memahami masalah bisnis dari banyak faktor dan perspektif.

Analis sistem berpikir secara sistematis dan memberikan solusi rasional terhadap masalah bisnis yang dihadapi perusahaan.

Analis sistem sangat ingin tahu dan mengambil langkah-langkah untuk sepenuhnya memahami masalah (penelitian pemangku kepentingan, prosedur pengujian, dokumentasi, dll.).

Analis sistem selalu terbuka, memiliki banyak pengetahuan dan peluang, dan dapat membuat opsi penyelesaian masalah yang meningkatkan kinerja bisnis.

Analis sistem perlu memahami masalah teknis yang terkait dengan solusi TI, tetapi solusi utamanya adalah meningkatkan kinerja bisnis.

Posting umum dan teknis

Tugas umum yang dilakukan oleh analis sistem meliputi:

Pengumpulan dan analisis dokumen dan file yang terkait dengan sistem saat ini.

Kumpulkan laporan dan serahkan ke pengguna untuk terus meningkatkan sistem.

Merancang sistem untuk memperbaiki dan mendefinisikan aplikasi untuk aplikasi komputer.

Menganalisis dan merangkum biaya dan manfaat sistem baru.

Lacak berbagai fungsi di sistem yang baru dibuat.

Ini adalah peran teknis seorang analis sistem, termasuk:

Buat deskripsi penting menggunakan aplikasi sistem baru.

Buat cara untuk melacak bisnis Anda.

Desain sistem baru secara lebih rinci menggunakan DFD (data flow diagram), SADT (analisis struktural dan metode desain) dan diagram alir.

Informasi tentang desain formulir berikut ini sangat penting.

Sistem yang baru dibuat bekerja dengan lancar dan efektif dengan mengumpulkan dokumen dan file untuk digunakan di komputer Anda.

Merancang format input dan output mudah bagi pengguna untuk membaca dan memahami.

Juga menyiapkan dokumen terkait dengan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dalam merancang sistem baru.

Perbedaan antara programmer

Membedakan antara analis sistem dan programmer bisa sulit untuk dikembangkan dalam sistem. Dalam praktiknya, kedua tipe karyawan ini dapat melakukan dua tugas secara bersamaan, terlepas dari apakah mereka adalah analis sistem, programmer, analis sistem, atau programmer. Namun, berdasarkan peran dan tanggung jawab kedua jenis operator ini, kita dapat membedakan peran dan tanggung jawab analis dan pemrogram sistem berikut:

Analis Sistem:

Analis sistem bertanggung jawab tidak hanya untuk mengatur perangkat lunak komputer, tetapi juga untuk seluruh sistem.

Pengetahuan analis sistem harus luas di bidang TI dan bidang aplikasi yang ia kelola.

Pemrograman analis sistem terbatas untuk memecahkan masalah secara lebih luas.

Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, termasuk analis sistem, programmer, pengguna sistem dan manajer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *